Pembentukan dan Pelatihan Desa Tangguh Bencana

Desa Gunan terletak di kaki gunung Lawu, tepatnya sisi utara berbatasan dengan kelurahan karang, sisi timur berbatasan dengan desa Sedayu, sisi selatan berbatasan dengan desa Slogohimo dan sisi barat berbatasan dengan kecamatan Jatisrono dan kec jatipurno. Kontur tanah yang landai dan dari sisi barat terbentang pesawahan yang luas sampai ke desa Tanggulangin dan desa jatipurwo. Hal ini memungkinkan ketika musim penghujan tiba, angin bertiup kencang dari arah barat atau barat daya. Kadang- kadang menimbulkan bencana alam.

Seperti pada tanggal 4 Desember 2019, berawal dari hujan lebat disertai angin kencang menimbulkan kerusakan pada rumah warga masyarakat desa gunan. Data yang di himpun oleh pemerintah desa gunan ada 6 rumah rusak, pohon-pohon tumbang, korban jiwa tidak ada dengan kerugian sekitar 40 juta rupiah.

Memperhatikan kondisi tersebut pemerintah desa gunan bersama dengan BNPB Kabupaten Wonogiri,BPBD Wonogiri dan pendamping desa membentuk Desa Tangguh Bencana (DESTANA) dan dilanjutkan dengan pelatihan Desa Tangguh Bencana.

Dibuka oleh bapak Sukamto selaku pj kepala desa gunan, beliau menyampaikan semoga ini bermanfaat bagi desa gunan dan kedepannya mampu menjadi garda terdepan dalam penanganan penanggulangan bencana.

Hadir dalam kesempatan itu ketua BPD, Kepala Dusun, LPKK, Bidan Desa, Ketua RT dan RW, petugas keamanan (hansip), pendamping desa, pld dan fasilitator BNPB, BPBD.

Dengan terbentuknya relawan relawan ini diharapkan tanggap,tangkas dan Tangguh dalam mensikapi kondisi yang berhubungan dengan adanya bencana. Sosialisasi kepada masyarakat perlu ditingkatkan, pelatihan tanggap Tangguh Bencana harus dilakukan secara berkala.

Hubungan antara pemerintah desa dan masyarakat setempat stokeholder perlu di koordinasikan untuk menciptakan kondisi masyarakat yang waspada, peduli terhadap kemungkinan adanya bencana dengan memahami tanda tanda bencana.

Triyono/team SID desa gunan

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan