PROGRAM INDONESIA SEHAT BERBASIS PENDATAAN KELUARGA

Instansi puskesmas kecamatan Slogohimo bekerjasama dengan pemerintah desa gunan melakukan kunjungan keseluruh rumah-rumah yang ada di desa gunan. Jadwal kunjungan tanggal 10 Desember 2019 disusun bulak kulon yang terdiri dari dua rukun warga dan enam rukun tetangga. Tanggal 11 Desember 2019 disusun duren terdiri dari dua rukun warga dan lima rukun tetangga, tanggal 13 dan 16 Desember 2019 direncanakan di dusun bulak wetan dan dusun gunan yang terdiri dari dua rukun warga dan lima rukun tetangga , untuk dusun gunan sendiri terdiri dari dua rukun warga dan enam rukun tetangga. Total keseluruhan adalah 22 RT dan 8 RW, dengan total rumah kurang lebih 987 untuk sedesa gunan.

Disetiap rumah petugas puskesmas menanyakan dokumen dokumen seperti KK, kartu BPJS,kartu Indonesia sehat dan lainnya yang mendukung program ini. Warga masyarakat juga diwajibkan mempothocopy kartu-kartu tersebut untuk dikumpulkan dandidata.Disamping itu petugas mengecek tampungan air minum, dan kebersihan lingkungan.

Program ceking langsung Ki lokasi sangatlah baik dan dapat membantu masyarakat memahami pentingnya pola hidup sehat. Disatu sisi masyarakat dapat bertanya secara langsung kepada petugas dari puskesmas kecamatan Slogohimo tentang cara pola hidup sehat.

Personil dari puskesmas kecamatan Slogohimo terdiri dari 14 petugas. Dalam kunjungan ke rumah-rumah warga dibantu oleh kader posyandu, kader dawis dan dari ketua RT yang di koordinir oleh kepala dusun masing-masing.
Triyono/perangkat desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan