Ngrepot-Ngrepoti Bro, Apa Esensinya?

Betapa kaya laksana gunung emas yang tersembunyi, betapa indah laksana untaian mutiara, betapa luas laksana jauhnya pandang yang bertepi, itulah Indonesia. 65000 desa tersebar di luasan Nusantara, dengan beragam etnik, bahasa, budaya sungguh sebuah negara yang unik.

Obor besar di jakarta tak cukup untuk tunjukkan besarnya Indonesia, tapi lilin lilin kecil disetiap pedesaan akan menciptakan Indonesia yang gemerlap.

Kemajuan teknologi jelas sangat membantu kinerja setiap orang dan instansi. Potensi untuk dikenal juga sangat terbuka. Itu hanya bagian terkecil dari pentingnya sistem informasi melalui media.

Tingkat kecerdasan masyarakat dan keingintahuan masyarakat perlu diakomodir untuk menciptakan hubungan yang baik sebagai bentuk tanggungjawab pelayan publik. Itulah desa jika menginginkan berkembang menuju desa mandiri.

Disamping itu hubungan hierarki pemerintah desa dengan institusi diatasnya,baik itu pemerintah kecamatan, pemerintah kabupaten, pemerintah propinsi maupun pemerintah pusat memerlukan kecepatan dalam proses penyampaian informasi sebagai bentuk tanggungjawab atas perintah regulasi yang telah ditetapkan.

Itulah salah satu alasan mengapa desa perlu media, perlu sistem informasi desa, walaupun harus kita sadari banyak kekurangan yang harus diperhatikan dan diperbaiki demi transparansi, akuntabilitas dan kecepatan pelaporan untuk desa yang lebih baik.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan